Monday, 6 September 2021

RESEP BROWNIES FUDGY TANPA TEPUNG

 

Sejak menjalani diet menghilangkan gluten dari menu harian saya, yang paling tidak bisa tertahankan adalah jika sudah menemukan brownies, sebagai penikmat brownies garis keras saya selalu tidak pernah tahan untuk tidak mencomot brownies dari pandangan mata saya, apalagi jika itu brownies fudgy dan ditambah wangi coklat yang sulit sekali untuk dilewatkan.  Beberapa kali saya pernah mencoba untuk membuat sendiri brownies dengan bahan - bahan yang ramah diperut saya, namun rasanya tidak seenak yang dipasaran.


Namun beberapa waktu lalu, saya melihat Bu Debby (Naturopathy practitioner) membuat brownies yang nampaknya mudah. Saya bukan termasuk orang yang ahli dalam membuat kue, membaca buku resep saja sudah membuat stress level saya naik beberapa tingkat, apalagi kalau harus mixing dan segala teman-temannya itu, namun ternyata membuat brownies ini tidak terlalu sulit, percayalah karena ini disampaikan oleh orang dengan skill baking hampir mendekati nol. 

Berikut ini saya tuliskan ulang resep sesuai dengan yang pernah di share Bu Debby Jean Marie di akun IG milik beliau


RESEP BROWNIES TANPA TEPUNG

Bahan - Bahan :

  1. 3 (tiga) butir telur organik. Untuk yang sensitif / alergi telur seperti saya, bisa diganti dengan chia seed. Perbandingan 1 butir telur = 1 sdm chia seed + 3 sdm air putih. Jangan lupa untuk merendam chia seed sekitar 15-30 menit untuk menghilangkan phytic acid yang terkandung dalam biji chia. 
  2. 120gr coconut sugar
  3. 3 sdm cacao powder. Untuk cacao powder ini, kalau bisa gunakan yg cacao yang bukan cocoa, ada alasan khusus sih sebenarnya namun saya lupa dan harus membuka - buka lagi catatan saya. 
  4. 3 sdm VCO
  5. Sedikit garam himalaya / garam laut alami. Jangan gunakan garam refinasi yah.
  6. Sedikit vanilla, jangan gunakan yg sintetis kalau bisa.
  7. 1 sdt baking powder
  8. 80 gr dark chocolate. Untuk dark chocolate ini teman - teman bisa memilih dari berbagai varian, namun saya selalu memilih yang tidak menggunakan susu dan gula, untuk mereknya sendiri ada dari Cau
  9. 400 gr beans yg sudah direndam semalam dan direbus denga api kecil 3-6 jam, biasanya kacang yg kering volumenya akan lebih ringan daripada yang sudah direndam dan direbus, jadi saya selalu menggunakan 200gr kacang mentah.
  10. Sedikit kayu manis

Cara membuat :

  1. Masukan semua bahan pada uraian diatas satu per satu sesuai dengan urutannya kedalam food processor, berikan jeda untuk  setiap bahannya agar tercampur merata, setelah semua kacang sudah halus bisa masukan kayu manis.  
  2. Setelah semua tercampur masukan ke loyang dan siap dipanggang. Suhu oven bisa bervariasi sesuai dengan kondisi oven masing - masing, namun saya menggunakan suhu 180 derajat celcius selama 1 jam karena loyang yang saya gunakan agak tinggi. Namun untuk loyang yg agak pendek bisa lebih cepat seharusnya, karena tidak ada rumusan baku so just be mindful and playful. 
  3. Selesai. Mudah bukan?

Nah benar kan mudah? intinya adalah masukan semua bahan kedalam food processor. Namun yang agak memakan waktu lumayan lama adalah proses perendaman dan perebusan kacang, biasanya saya lakukan proses itu 2 hari sebelum membuat kue agar kacang yang digunakan juga sudah masuk kulkas terlebih dahulu. 

Untuk kacang yang digunakanpun bisa macam - macam, Bu Debby sendiri di akun IG nya menggunakan kacang hitam. Namun, di Indonesia saya mencari kacang hitam itu kebanyakan kacang kedelai hitam yang dijual, jadi mungkin teman - teman yang sensitif dengan kedalai tidak bisa menggunakan kedelai hitam, saya pernah membuat dari kacang pinto hasilnya juga sama saja menurut yang memakan, karena saya sensitif terhadap jenis read bean jadi saya tidak mencicipi brownies dari kacang pinto yang saya buat.

Selamat mencoba. 

Post a Comment

Start typing and press Enter to search