Sunday, 7 May 2017

Amatoa Resort : Ngomongin tempat dan biaya.


Tahun 2017 ini akhirnya impian untuk menginjakkan kaki di Makassar terlaksana sudah, bukan hanya transit di bandaranya tentu saja. Impian lama saya akhirnya terwujud, merasakan pengalaman menginap di Amatoa Resort di Bulukumba. Untuk beberapa orang tentu penginapan ini sudah terkenal, coba saja googling dan pasti akan banyak ditemukan review tentang Amatoa Resort. Biasanya hasil review orang - orang tentang suatu hotel atau tempat cukup merefleksikan keadaan yang akan saya alami nantinya, mungkin semacam spoiler dalam sebuah film.  Banyak yang menuliskan beberapa hal negatif dari hotel ini mulai dari pelayanan di Amatoa ini tidak terlalu bagus hingga kamar resort yang agar spooky namun semuanya sepakat bahwa view disini juara banget, awalnya saya memang menyiapkan diri untuk menghadapi pengalaman yang tidak enak seperti yang saya baca di review sebelum saya berangkat namun ternyata semesta berkata lain, saya dapat kamar hotel di belakang, yah karena saya memesan melalui online agent terminal itu dan biasanya jika memesan melalui agen online jatah kamar yang didapat agak kebelakang, namun kali ini saya menyukainya karena area belakang resort ini agak lebih modern dibandingkan dengan area depan, walaupun saya tidak bisa berenang di infinity pool yang sudah bertebaran fotonya di search engine kesayangan kita semua namun jangan khawatir karena area belakang resort masih ada kolam renang hanya saja viewnya hanya tembok dan teras kamar.




Amatoa Resort ditempuh dengan perjalanan darat dari Makasar dengan waktu tempuh rata - rata 6-7 jam, lebih baik mengambil penerbangan dini hari agar saat perjalanan menuju Amatoa kita bisa tidur di mobil. Saat berada di Resort ini hampir rata - rata pengunjung akan hoping island ke pulau kambing dan liukang, viewnya? jangan ditanya lagi sudah pasti jernih air laut dan tentu saja langit yang super bersih akan kita dapatkan selama mengunjungi daerah itu. Namun sebenarnya jika tidak memiliki banyak waktu untuk hoping island dan hanya ingin berada di area resort pun sudah sangat cukup memanjakan mata, menikmati sepoi angin dari sisi restoran resort atau jika ingin berenang di laut juga bisa karena dari area restoran ada tangga menuju area laut yang bisa berenang, jangan khawatir tidak terlalu dalam ko dan yang paling penting tidak ada bulu babi di area laut yang saya gunakan untuk berenang. 




Jika ingin pergi mengunjungi beberapa tempat untuk snorkeling kita bisa memesan kapal melalui pihak hotel atau bisa juga mencari sendiri, jangan khawatir banyak ko penyewaan kapal di tanjung bira ini namun karena letak Amatoa resort yang agak masuk kedalam jadi dibutuhkan mobil untuk menuju tempat penyewaan kapal dari Amatoa resort. Kalau tidak ingin repot mencari kapal bisa minta dicarikan melalui pihak resort atau dari jasa penyewaan mobil, biasanya mereka juga menawarkan beberapa paket penyewaan mobil yang sudah all in dengan makan dan sewa kapal seperti yang saya gunakan selama berada disana. 

Foto by : @weratuugie
view pulau kambing, gak tahan untuk gak nyebur!

Sebenarnya ada banyak pilihan penginapan di Tanjung Bira mulai dari yang murah hingga yang lumayan agak mahal, namun menurut saya Amatoa Resort ini memang penginapan yang paling bagus di area Tanjung Bira, walau tidak memiliki pantai namun setiap sudut di resort ini sangat intagramable, jadi cocok untuk yang suka update foto - foto cantik di instagram, seperti saya tentunya walaupun harganya memang tidak terlalu murah, tapi masih cukup terjangkau ko apalagi jika kita bisa share cost.
Warna putihnya bikin betah lama-lama ada dikamar
Banyak yang bingung untuk tempat makan jika menginap di resort ini, iya termasuk saya, banyak yang menulis bahwa di Tanjung Bira tempat makan bertebaran dimana - mana, namun ada juga yang menulis sulit menemukan restoran jika menginap di resort ini jadi memesan makan malam dari resort atau ke restoran yang berbentuk phinisi namun sering penuh hingga kehabisan makanan. Setelah melihat sendiri letak resortnya saya menyadari bahwa jika kita ingin menginap di Amatoa Resort resikonya adalah jauh dari pusat keramaian, susah mencari restoran yang paling penting, namun sebenarnya restoran di daerah tanjung bira ini banyak bertebaran dimana - mana, jadi saran saya sih kalau memang ingin menginap disini yah harus cari paketan yang bisa menyediakan makan selama di tandung bira jika tidak ingin makan di resort, namun jika tidak masalah makan masakan yang disajikan di resort berarti tidak perlu dipusingkan untuk mencari tempat makan selama di resort. Untuk rasa masakan di resort ini saya tidak bisa menuliskannya karena saya mengambil paket penyewaan mobil lengkap dengan sewa kapal dan makan selama di tanjung bira, namun untuk sarapan di resort ini variasi masakannya tidak terlalu banyak, saat saya menginap menu sarapan hanya ada ayam goring, nasi, mie goreng dan telur dadar, tidak ada roti seperti menu saran di penginapan lainnya.


berenang di pulau kambing

pulau barra

Oke, mari kita mulai hitung - hitung mengenai budget selama menginap disini. Saya pergi saat long weekend jumat - sabtu - minggu.
Saat itu harga tiket pesawat PP sebesar Rp 2.000.000
penginapan di resort  Rp 1.000.000
sewa mobil (untuk di tanjung bira dan di Makassar)+ kapal untuk hoping island selama di tanjung bira + makan sebesar Rp 950.000.000 masing - masing orang, harganya mungkin berbeda jika lebih banyak atau lebih sedikit orang yang ikut, saat itu saya jalan bersama teman saya dengan total rombongan sebanyak 6 orang, selama di Makasar saya tidak ikut paket untuk makan yang disediakan tur karena kami ingin explore sendiri kuliner di Makasar, untuk makan di makasar kami patungan 200.000 tiap orang. Jadi kalau dihitung - hitung dengan penginapan 1 malam di Makasar total dana yang saya habisnya sebanyak 3,8 juta, saya pergi dengan 6 orang termasuk saya jadi kalau kurang dari 6 orang tentunya harga yang bisa di share akan jadi mahal, untuk saya masih termasuk masuk akal harga segitu dengan tempat yang saya dapatkan apalagi ticket pesawat ke masakar sebenarnya tidak terlalu mahal biasanya malah bisa date 1,5jt PP untuk layanan full service. Makassar ini nampaknya akan jadi destinasi favorit saya. Jadi masih ragu untuk pergi ke masaksar??

Post a comment

Start typing and press Enter to search