Monday, 2 January 2017

Penginapan di Pulau Weh : Murah dan Mewah


Ada banyak jenis penginapan yang ditawarkan di Pulau Weh, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiahpun ada disini. Untuk saya yang memilih tipe flashpacker dalam gaya traveling saya, saya selalu berusaha mendapatkan tempat terbaik tapi tentunya harus yang budget friendly juga. Setelah mendapatkan tiket menuju Banda Aceh, saya tahu dimana saya harus menginap setidaknya untuk setengah dari jumlah hari yang saya habiskan disana, Iboih Inn memang sudah ada di wishlist saya sejak tahun 2012.
Berada di ujung pulau Weh, keindahan Iboih Inn membuat saya tidak ingin melepaskannya begitu saja. Iboih Inn berada di pantai Iboih (baca: Iboh), saya harus berkendara selama sekitar 1 jam dari awah pelabuhan Balohan menuju Iboih Inn, setelah itu speedboat milik penginapan ini akan menjemput saya menuju Iboih Inn tidak sampai 5 menit saya sudah sampai dipenginapan.
Penginapan ini didirikan diatas tebing, jadi kalau harus menginap di jungle view yah harus siap-siap menarik napas dalam-dalam kalau mau keluar kamar. Harga kamar disini untuk semi water front sekitar 550 ribu dan untuk jungle view 400 ribu sudah termasuk sarapan. Selama tinggal disini saya makan dengan memesan di restoran Iboih Inn, harga berkisar sekitar 50 ribu kalau masalah rasa saya sebenarnya tidak terlalu cocok dengan menu masakan disini, apalagi ditambah dengan alarm biologis saya berbunyi menandakan kalau saya salah makan atau minum makin membuat saya agak kurang nyaman dengan makanannya. Tapi untuk kopi susunya, disini saya merasakan kopi susu terbaik dari semua kopi yang saya nikmati di Sabang.
Pemilik resort, kak Liza, mengatur semuanya sendiri mulai dari reservasi, makanan, diving, dll. Hal ini membuat keramahannya sedikit terbenam karena lelah diwajahnya terlihat dengan sangat jelas. Hey, even the owner of the best resort needs holiday too, huh?

kalau masalah view, Iboih memang juaranya. Sepanjang pengamatan mata saya hanya Iboih yang mempunyai dermaga yang indah walau banyak resort serupa disekitarnya.
jetty ini adalah satu alasan saya ingin menginap disini

tiduran di hammock sambil liat sunset seru banget
suka sama kopi susu disini. Rasanya pas. Apalagi sambil liatin laut kayak begin.
breakfast with view!!
menu makan siang, not bad but nothing special.
hari ketiga saya pindah penginapan ke Casa Nemo, berbekal rating yang lumayan dari tripadvisor akhirnya saya memilih casa nemo, awalnya sempat galau antara freddies inn atau casa nemo, tapi rasanya saya kira pilihan saya tidak salah.
Casa nemo dikelola lebih profesional walaupun rumah pemilik ada di area yang sama tapi semua urusan pelayanan hotel diserahkan kepada pegawainya, hal yang berbeda dengan Iboih Inn tentunya. Penginapan ini dimiliki oleh warga asing yang hot banget menikah dengan orang sabang. Gaya resort disini mirip dengan resort mewah yang ada di Bali, tapi tentu saja disini jauh lebih murah. Staf hotel yang sangat ramah dan pegawai yang dari mulai saya booking kamar, yang belakang saya tahu bernama FJ banyak memberikan bonus, mulai dari upgrade kamar ke beach view selama dua malam tapi dihitung dengan tarif standard room dan diskon saat pembayaran hotel membuat saya benar-benar senang tinggal disini.
Untuk makan, saya memesan makan siang, makan malam dan sarapan disini. Menu di restorannya tidak ada yang gagal kecuali tomyam yang kurang asin, namun untuk menu sarapan dengan harga 45 ribu saya merasa lebih baik memesan pizza dengan harga 50 ribu yang jelas-jelas enact. Saran disini memang sangat simple ala bule, yang hanya ada roti-roti, jus dan buah.

menu saran
spagetti nya enåk

untuk rate mulai dari 400-500 ribu di dua tempat diatas bila dibandingkan dengan apa yang saya dapatkan saya rasa itu bukan harga yang cukup mahal. Lagipula prinsip saya saat traveling yang agak jauh pasti saya harus mencoba tempat yang terbaik, tentunya selama saya masih sanggup untuk membayar, karena saya tahu saya tidak akan kembali ketempat yang sama untuk kedua kali karena biaya transportasi yang tidak murah, kecuali jika memang saya terlalu jatuh cinta sampai saya buta dan tidak peduli merogoh kocek untuk hal sama.
Pilih casa nemo atau iboih inn sebenarnya tidak bisa dibandingkan karena keduanya menawarkan keunggulan yang berbeda. Kalau waktu menginap yang agak panjang lebih baik coba keduanya saja. Happy traveling.

Start typing and press Enter to search