Monday, 26 December 2016

Menuju Pantai Ora


Karena banyak yang menanyakan bagaimana caranya untuk ke Ora maka saya akan tuliskan disini secara terperinci bagaimana cara menuju ke Ora karena lumayan capek juga harus mengulang jawaban yang sama melalui personal message. Untuk menuju ke Pantai Ora yang merupakan bagian dari Pulau Seram anda tidak perlu untuk mengikuti tour karena hanya dibutuhkan mobil yang bisa disewa sendiri, tapi tentunya jika anda tidak bersama rombongan ikut dalam sebuah tour akan lebih menekan biaya perjalanan.
Jika tujuan dihari pertama langsung menuju Ora, saya sarankan untuk mengambil penerbangan malam hari, kalau tidak salah saya ambil flight jam setengan satu pagi dan sampai di Ambon pukul 6 pagi waktu setempat. City tour Ambon bisa anda lakukan dihari pertama kedatangan atau hari terakhir namun jika anda bukan orang yang bisa tidur nyenyak dipesawat seperti saya lebih baik city tour dilakukan dihari pertama karena sembari menyiapkan tenaga untuk perjalanan panjang nanti. Namun dengan mengambil penerbangan dini hari anda dapat menyebrang ke Pulau seram menggunakan ferry pukul 8 pagi. Tiket ferry untuk kelas VIP sebesar Rp 225.000 saya sarankan anda mengambil kelas ini karena perjalanan yang cukup lama, sekitar 3 jam, dan dikelas ekonomi tidak terlalu nyaman untuk beristirahat.
Sampai dipulau Seram perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan mobil selama 3 jam. Siap-siap untuk diaduk-aduk diperjalanan ini, karena jalan yang berliku-liku. Sebaiknya siapkan obat anti mabuk atau obat tidur jika anda kesulitan untuk tidur atau mudah mabuk darat. Jalanan disini relatif mulus hanya beberapa bagian yang tidak diaspal dengan baik kurang lebih selama 30 menit perjalanan. Anda akan disuguhkan dengan bukit-bukit yang rimbun dengan pepohonan dan udara yang sejuk.
setelah sampai di dermaga sawai, untuk menuju pantai Ora harus menggunakan speed boat selama kurang lebih 15 menit. Dan siapkalah masker dan snorkel untuk menikmati suguhan alam disini. Saya saran untuk tidak menggunakan fin jika snorkeling dibibir pantai Ora untuk menjaga corals disini.
Untuk penginapan, jika ingin menginap ditempat yang lebih nyaman saya sarankan untuk menginap di Ora Eco Resort. Pantai Ora sebenarnya dimiliki oleh satu keluarga dan baru beberapa tahun dibuka untuk umum. Harga kamar disini sekitar Rp 750.000 untuk penginapan pinggir pantai dan Rp 600.000 untuk penginapan rumah panggung. Semua harga kamar dihitung per orang per madam dan belum termasuk makan, jika menghubungi langsung pihak Ora Beach Resort maka akan langsung mendapatkan total harga per orang perkamar termasuk makan sehari 3x dan snack sehari 2x. 

Alternatif lain penginapan disini ada di Lisar Bahari dengan harga Rp 250.000 per orang permalam. Namun penginapan disini sangat sederhana dibandingkan dengan di Ora tapi cukup nyaman. Semua harga kamar baik di Ora maupun di Lisar Bahari sudah termasuk makan 3x sehari karena tidak ada warung disini siapkanlah sendiri cemilan untuk anda dan jangan lupa buanglah sampah ditempatnya bukan di laut.


Penginapan di Lisar bahari sebenarnya menawarkan paket tour yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan di Ora Eco Resort, dengan harga Rp 750.000 per kapal berapapun jumlah orangnya anda dapat melakukan snorkeling dibeberapa tempat dan menuju rumah pohon untuk bird watching. Saya belum pernah mencoba ini, tapi mungkin dengan membicarakan terlebih dahulu dengan Alvin (Pemilik Ora Resort) dan Pak Ali (Pemilik Lisar Bahari) anda bisa menggabungkan paket perjalanan di dua tempat ini. Anda menginap di Ora dan ikut dalam paket snorkeling dari Pak Ali. Karena di Ora Resort anda hanya akan diantar kedua tempat, pantai tebing dan pantai belanda. Mungkin alasan pemilik resort tidak menyediakan paket perjalanan seperti yang dilakukan oleh Pak Ali karena di Ora Resort anda dapat menikmati segalanya. Pasir pantai yang halus (di Lisar Bahari tidak ada pantai) dan spot snorkeling yang dapat dicapai hanya dengan berenang sedikit dari bibir pantai. Tapi itu pilihan anda untuk menentukannya.

Selama di Ambon saya menyewa mobil dengan supir Pak Caken orangnya sangat ramah No. Telp : 081343064944driver dari Pelabuhan Amahi (Pulau Seram) Pak Hendri No. Telp :081344892244
Jika ingin menginap di Ora Eco Resort, pemilik resort (Alvin) bisa menyediakan supir dan mobil selama perjalanan. Speed boat menuju Ora sudah termasuk dalam paket harga kamar. No Telp Alvin : 08111909404



Post a comment

Start typing and press Enter to search